Beranda Berita Majelis Sima’an Al Qur’an, Sakralkan Peringatan Haul K.H. Zoemri VI

Majelis Sima’an Al Qur’an, Sakralkan Peringatan Haul K.H. Zoemri VI

531
1
Majelis Sima'an Al Qur'an, Sakralkan Peringatan Haul K.H. Zoemri VI

pptialfalahsalatiga.com – Kamis pagi (29/7) PPTI Al Falah Salatiga mulai melaksanakan serangkaian acara peringatan Haul K.H. Zoemri RWS ke-6. Majelis sima’an Al Qur’an menjadi rangkaian pertama dari beberapa rangkaian acara peringatan haul.

Pukul 05.30 WIB Ning Siti Nur Halimah memulai sima’an Al Qur’an dengan membacakan hadrah Al Fatihah untuk para leluhur terkhusus Bapak, begitu sebutan untuk K.H. Zoemri RWS. Selain itu, Ning Siti Nur Halimah juga menyarankan untuk mengkhususkan sima’an Al Qur’an untuk kemudahan hajat masing-masing santri.

Pada awal acara, santri-santri madrasah huffadz Roudlotu’ Usysyaq Al Qur’an (RUQ) Al Falah Salatiga melantunkan ayat Al Qur’an secara estafet. Seluruh santri menyimak lantunan ayat suci Al Qur’an dengan khidmah. Kemudian, secara individu seluruh santri PPTI Al Falah membaca satu juz usai menyimak pembacaan juz 2 oleh santri-santri huffadz.

Pembacaan satu juz Al Qur’an dilakukan secara bertahap, kelas 1 dan 2 Ula sebagai urutan pertama. Kemudian dilanjutkan kelas 3 Ula; 1 Wustho; dan 2 Wustho, 3 Wustho, serta kelas Ulya pada urutan terakhir. Namun di samping itu, santri putri yang sedang udzur pun tetap menyimak santri huffadz dalam majelis yang sama secara bersamaan.

Sima’an dan pembacaan Al Qur’an selesai pada waktu dhuhur. Kemudian seluruh santri mengikuti khataman Al Qur’an pada sore hari ba’da Ashar. Pada haul kali ini, majelis sima’an Al Qur’an mengkhatamkan sebanyak 8 kali khataman.

Alhamdulillah, sakmenika kita sampun ngelampahi 8 khataman. Kula aturaken maturnuwun damel Mas-Mas, Mbak-Mbak ingkang sampun ngaos kanthi estu,” tutur Ning Siti Nur Halimah.

Sima’an menika sebagai dzikru haul, kersane kita tetap mengingat bahwa adanya kita semua di sini tidak terlepas dari perjuangan Bapak,” tambah Ning Siti Nur Halimah.

Acara berakhir pada saat menjelang Maghrib. Pembacaan do’a oleh Ning Siti Nur Halimah menjadi penutup majelis sima’an Al Qur’an.

Artikulli paraprakRangkaian Peringatan Haul K.H. Muhammad Zoemri RWS VI
Artikulli tjetërZiarah Maqbaroh, Rangkaian Haul K.H. Zoemri RWS VI

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini