Beranda Artikel Refleksi Ramadan di Tengah Pandemi

Refleksi Ramadan di Tengah Pandemi

612
0
refleksi ramadan di tengah pandemi

pptialfalahsalatiga.com – Ramadan tiba, Ramadan tiba.. Marhaban Yaa Ramadan..
Lantunan lagu yang biasa kita dengar saat bulan suci Ramadan tiba. Namun, kali ini kita merasakan keindahan juga sebagai perenungan Ramadan di tengah pandemi. Di tahun 2020 kemarin, virus Corona merebak, menyebabkan berbagai kalangan muda-tua merasakan sedihnya, menjadikan sebuah refleksi untuk kita dengan sedikit demi sedikit menyadari juga mensyukuri, bahwa nikmat yang Allah berikan itu sangat banyak.

Bahkan, dengan datangnya bulan Ramadan di tengah pandemi ini membuat sebagian besar orang beranggapan bahwa, waktu-waktu tersebut memang difokuskan untuk mereka beribadah kepada Allah SWT. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana kita masih bisa bekerja, dan menjalankan kegiatan normal seperti biasanya. Masih sama dengan tahun 2020 kemarin, tahun ini kita masih menjalankan bulan Ramadan di tengah pandemi, namun bukan menjadi penghalang untuk kita, sebagai umat muslim merasakan nikmat dan indahnya bulan suci ini.

Selain itu, puasa Ramadan juga merupakan benteng dari pencegahan virus Corona, karena dengan puasa yang benar imun tubuh tetap stabil dan dapat mencegah paparan Covid-19, seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya “Berpuasalah, niscaya kalian akan sehat,” kondisi yang mengharuskan kita berada di rumah saja, memungkinkan umat muslim untuk memperbanyak ibadah salat dan dzikir bersama-sama guna melahirkan ketenangan batin.

Sebagaimana makna refleksi Ramadan di tengah pandemi, anjuran pencegahan Covid-19 dalam ibadah berpuasa tetap ada. Salah satu refleksinya yaitu kita bisa menahan diri dari keluar rumah, kecuali ada urusan penting. Kita juga bisa menahan diri untuk mengurangi konsumsi hal-hal yang tidak diperlukan.

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan, agar puasa Ramadan di tengah pandemi ini tetap lancar :

1. Memperhatikan asupan makanan saat buka dan sahur
2. Tetap di rumah saja
3. Olahraga secukupnya
4. Memperbanyak gerak badan
5. Menjalani aktivitas dengan senyum dan bahagia.

Beberapa tips di atas dapat kita lakukan, agar puasa di bulan Ramadan tetap lancar dan sehat. Tetap berpikir positif dan menjaga mood kita meruapakan kunci dalam menghadapi problema dalam hidup.

Artikulli paraprakKisah (Puisi)
Artikulli tjetërSambut Ramadan, Santri Al Falah Sadranan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini