Beranda Artikel Merasa Pekerjaan Tak Habis-Habis? Lakukan Ini!

Merasa Pekerjaan Tak Habis-Habis? Lakukan Ini!

1147
0

Apa itu manajemen waktu? Manajemen waktu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan cara menyeimbangkan waktu untuk beristirahat, bermain, bekerja, bersantai dan sebagainya secara efektif.

Setiap manusia dituntut untuk menjadi professional dan bertanggung jawab atas segala apa yang mereka kerjakan.  Namun, ada saja kendala yang menghambat dalam menyelesaikan pekerjaan. Terlebih jika harus selesai dalam jangka waktu tertentu atau tepat waktu. Pernahkah Anda keteteran dalam membagi waktu untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan? Mungkin Anda perlu melihat lagi bagaimana cara Anda mengatur waktu.

Berikut ini beberapa tips manajemen waktu yang dapat Anda terapkan agar semua pekerjaan terselesaikan tanpa ada yang molor dari deadline.

1. Buat Target

Target atau perencanaan akan membantu Anda dalam menentukan apa saja yang harus Anda selesaikan. Dengan membuat perencanaan, Anda tidak perlu lagi memikirkan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Anda bisa membuat list pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu

2. Jangan Menunda Waktu

Manusia memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Seringkali mereka merasa lebih bersemangat saat mengerjakan tugas yang sudah mendekati deadline daripada harus menyelesaikannya jauh-jauh hari. Tanpa disadari, kebiasaan inilah yang mampu  merusak kondisi tubuh sehingga membuat beberapa kerjaan lain tak mampu terselesaikan dengan baik. Anda perlu menerapkan disiplin yang tinggi demi manajemen waktu yang lebih baik.

3. Tentukan Prioritas

Selain menghentikan kebiasaan menunda, Anda juga harus membuat skala prioritas mulai dari pekerjaan yang terpenting hingga tidak. Karena terlalu banyak pekerjaan juga dapat membuat rencana yang sudah Anda susun sebelumnya menjadi berantakan.

4. Fokus

Konsistenlah dalam mengerjakan apa yang sudah Anda targetkan. Jangan biarkan hal lain mengganggu konsentrasi Anda. Misalnya, bermain media sosial, game, stalking akun instagram mantan, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini dapat mengurangi waktu produktif Anda.

5. Jangan Takut Salah

Takut adalah salah satu penghambat kesuksesan. Belajarlah untuk berani mengambil keputusan dan risiko dan jadikan kesalahan sebagai ladang pembelajaran.

6. Istirahat yang Cukup

Menunda pekerjaan memang bukanlah hal yang baik. Namun, bekerja secara terus-menerus juga akan mengurangi daya tahan tubuh dan merusak konsentrasi. Oleh karena itu, Anda juga perlu memberi waktu istirahat dan mengatur pola tidur yang baik. Tak lupa untuk senantiasa menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga secara teratur.

7. Hindari Stress

Jangan lupa untuk melakukan relaksasi di tengah pekerjaan  yang menumpuk untuk segera diselesaikan. Anda dapat melakukannya dengan mengerjakan sesuatu yang Anda suka di sela-sela waktu luang. Seperti, mendengarkan musik, liburan, dan sebagainya.

Artikulli paraprakInvestasi Akhirat Sedekah Jariyah di SMP RUQ Al Falah Salatiga
Artikulli tjetërAsyura (Al Falah Santri Kasunanan Surakarta)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini