Beranda Berita Lewat Film Pendek, Jawa Tengah Bawa Pulang Emas di Pospenas IX

Lewat Film Pendek, Jawa Tengah Bawa Pulang Emas di Pospenas IX

23324
1

pptialfalahsalatiga.com – Kontingen Jawa Tengah juarai lomba film pendek dalam ajang Pospenas (Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional) IX yang digelar di gedung Tawang Praja lantai 5 Komplek Balaikota Solo. Peserta kontes ini adalah perwakilan santri PPTI Al Falah Salatiga yaitu, Dina Cahyati, Elyu Maulida, Zakiya Nur Hayati dan Muhammad Iqbal Budi Utomo.

Setelah bersaing dengan 17 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, film yang berjudul “Rukun” keluar sebagai pemenangnya. Skenario film ditulis oleh Dina dengan mengambil tema moderasi beragama. Tema ini diambil untuk menjelaskan bahwa perbedaan adalah suatu hal yang indah, seperti pepatah yang mengatakan bahwa setiap hal di dunia pasti berbeda.

“Film ini menceritakan tentang bagaimana perbedaan dua agama di desa saya. Dua agama ini saling membantu, bisa saling tolong menolong dan bergotong royong tanpa membedakan agama,” ucap Dina.

Dina juga mengungkapkan bahwa kendala dalam pembuatan film ini adalah karena pemain masih sekolah. Selain itu, mereka berbeda tempat sekolah dan pulang sekolah pun sore. Pembuatan film hanya bisa terlaksana pada hari Sabtu dan Minggu dalam tenggat film yang mendesak.

“Dari sekian pondok di Salatiga, Al Falah dipercaya untuk mewakili lomba tingkat provinsi. Iseng aja buat film tak disangka mendapat juara satu dan akhirnya lolos mewakili Jawa Tengah untuk maju ke event selanjutnya. Dan alhamdulillah pada event nasioal mendapat juara satu,” imbuh Dina.

Juri dari lomba film adalah Ibu Karla dari ISI Yogyakarta, Bapak Titus dari ISI Surakarta. Bapak Niham dari Dewan Pendidikan Jawa Tengah juga hadir sebagai juri dalam lomba tersebut. Sebagai penutup Dina mengungkapkan bahwa harus ada tekat yang kuat untuk mengharumkan nama pesantren. Tak hanya itu, untuk membuktikan bahwa santri Al Falah berkualitas dan bermutu.

“Teruslah berkarya, tetap sportivitas, jangan turuti ego kita, dan yang paling petig tetap rendah hati,” pungkas Dina.

Artikulli paraprakPembukaan Pospenas IX Ajak Santri Bergerak Untuk Kebangkitan Negeri
Artikulli tjetërPuisi: Selamat Malam, Ibu

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini