Beranda Artikel Keutamaan Bulan Ramadan

Keutamaan Bulan Ramadan

601
1

Salah satu rukun islam yang ke empat dan wajib bagi setiap muslim untuk menjalankannya adalah puasa. Puasa berarti menahan diri dari makan dan minum serta perbuatan yang bisa membatalkannya, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari sesuai dengan syarat tertentu. Puasa juga bisa meningkatkan iman dan takwa seseorang. Pada Bulan Ramadan, selama sebulan penuh umat Islam akan menjalankan puasa sebagai tugas wajib.

Puasa memiliki banyak keutamaan untuk setiap muslim, salah satunya untuk kesehatan tubuh. Menurut Putsanra (2017), ditinjau dari sisi kesehatan fisik puasa memiliki beberapa manfaat, di antaranya yakni membakar lemak dalam tubuh, meningkatkan hormon pertumbuhan manusia, dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, puasa juga dapat mengurangi tekanan darah, mengatur trigliserida, mengatasi resistensi insulin, mengurangi risiko penuaan, dan penyakit berbahaya lainnya.

Bulan Ramadan sendiri juga memiliki banyak keutamaan, salah satunya yaitu bulan yang mustajab untuk berdoa. Sesuai hadis Nabi Muhammad Saw. yang artinya “Tiga hal yang tidak tertolak doa mereka : orang yang puasa ketika berbuka, imam (pemimpin) yang adil, doa orang yang terdzolimi.” (HR. Ahmad). Bulan Ramadan ini juga termasuk sarana kita untuk memperbanyak amal serta menghapus dosa yang lalu. Ramadan merupakan kesempatan bagi seorang muslim untuk menanam kebaikan serta membersihkan diri dan hati.

Keutamaan bulan Ramadan selanjutnya yaitu terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu neraka. Dengan demikian, Allah Swt. telah memberikan kesempatan bagi hamba-Nya untuk masuk surga dengan bekal amal saleh yang mereka kerjakan selama bulan Ramadan. Semoga kita semua mendapat rahmat-Nya.

Artikulli paraprakTetap Penuhi 8 Gelas Air Putih Setiap Hari saat Berpuasa
Artikulli tjetërCerpen: Kabur

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini