Beranda Artikel Tetap Penuhi 8 Gelas Air Putih Setiap Hari saat Berpuasa

Tetap Penuhi 8 Gelas Air Putih Setiap Hari saat Berpuasa

608
1
air putih

Air putih adalah minuman yang paling sehat, salah satu manfaatnya dapat menjaga tubuh untuk tetap memiliki cairan yang cukup agar bisa mengatasi rasa haus yang terjadi kapan saja. Saat berpuasa, cairan tubuh berkurang karena tidak meminum air selama kurang lebih 12 jam. Sahur adalah kesempatan untuk mengisi tubuh dengan asupan nutrisi yang baik sebelum mengosongkan perut selama kurang lebih 12 jam lamanya.

Agar tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa, dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi 2 liter air putih atau setara dengan 8 gelas air per hari. Lantas, bagaimana ya cara memenuhi kebutuhan minum sebanyak 2 liter per hari saat sedang menjalankan ibadah puasa? Nah, untuk itu kita perlu memahami aturan minum air putih saat berpuasa, agar kebutuhan cairan pada tubuh setiap harinya tetap terpenuhi. Yaitu dengan menerapkan pola minum air putih 2-2-4. Bagaimana perinciannya? Yuk kita simak!

Saat sahur, pastikan untuk meminum air putih minimal 2 gelas untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa. Bisa dilakukan sebelum menyantap makan sahur dan sesudah makan atau menjelang waktu imsak. Hal tersebut dapat memberikan asupan energi yang cukup untuk seharian berpuasa. Selain itu, hal tersebut juga berguna untuk memperlancar pencernaan dan membuang racun di dalam tubuh.

Minum air putih saat berbuka puasa sangatlah penting. Hal tersebut dapat membantu tubuh untuk mengatasi kehausan selama seharian penuh saat berpuasa. Kita dapat meminum satu gelas langsung ketika berbuka dan satu gelas lagi berselang beberapa menit setelah menyantap makanan.

Bagi yang baru makan setelah shalat tarawih bisa nih minum 2 gelas air putih, serta 2 gelas menjelang tidur. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita, hal tersebut juga berguna untuk mempermudah tubuh untuk memproses makanan yang masuk sehingga lebih mudah untuk dicerna. Selain itu, kita juga harus menghindari konsumsi teh dan kopi yang berlebihan. Karena minum terlalu banyak teh atau kopi dapat menyebabkan meningkatnya kandungan kafein. Sehingga menyebabkan hilangnya kandungan air di dalam tubuh yang dapat meningkatkan rasa haus. Semoga bermanfaat!

Artikulli paraprakNgabuburit ala Santri PPTI Al Falah
Artikulli tjetërKeutamaan Bulan Ramadan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini