Beranda Artikel 5 Tips, Mempersiapkan Diri Sebelum Akhirussanah

5 Tips, Mempersiapkan Diri Sebelum Akhirussanah

233
0

Tak terasa pembelajaran kita sudah hampir di akhir tahun saja atau biasanya mashur dikalangan kita sebut dengan akhirussanah. Akhirussanah menjadi sebuah momen evaluasi diri setiap santri, evaluasi pencampain santri selama satu tahun pembelajaran di kelas. Apakah santri tersebut layak atau tidak naik ke kelas selanjutnya di tentukan pada saat akhirussanah. Oleh karena itu, persiapan dan evaluasi mulai dari sekarang harus segera dilaksanakan, supaya hasil pencapian selama setahun tidak menjadi sia-sia dan mengecewakan diri sendiri.
Berikut merupakan tips and trik menuju sukses akhirussanh yang gemilang:

  1. Memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mempelajari ilmu-ilmu yang telah dipelajari di kelas.
    Muroja’ah sebagai sebuah istilah mengulang atau mempelajari ulang ilmu yang sudah disampaikan oleh guru ketika di kelas. Muroja’ah menjadi suatu hal yang penting, karena ilmu yang guru sampikan hanya sebagai sebuah wasilah atau perantara saja. Bagaimana ilmu itu dapat berkembang dan tambah kemanfaatannya, tergantung usaha kita mempelajari ilmu tersebut. seperti dalam kitab Jamiul Bayanil Ilmi Wa Fadhlihi, Syeh Az Zuhri, berkata, ” sesungguhnya yang menyebabkan hilangnya ilmu adalah sifat lupa dan enggan memuroja’ah (mengulang-ulanginya).
  2. Meninngkatkan ibadah-ibadah muhdhah.
    Dalam kata lain, ibadah muhdhah adalah hubungan manusia dengan tuhan, atau hubungan secara vertikal. Bisa di artikan pada tips ke dua ini merupakan anjuran untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan memperbanyak solat sunah, dzikir, dan doa- doa untuk kemudahan dan kemanfaatan ilmu yang telah kita pelajari.
  3. Menata kembali niat.
    Niat sebagai sebuah hal yang fundamental atau mendasar, karena setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Cara kita dalam menata niat untuk belajar adalah dengan mengokohkan hati kita supaya ikhlas dan semata-mata mencari ridho Allah SWT.
  4. Melengkapi catatan yang kurang.
    Terkadang Madrasah Diniyah (MADIN) punya kriteria tertentu terkait santri layak dinaikan di kelas atau tinggal di kelas, dan salah satu dari kriteria tersebut adalah lengkap / sohih kitab dan catatan pembelajaran di kelas selama satu tahun. Oleh karena itu, wajib bagi setiap santi memiliki catatan yang lengkap untuk menuju kesuksesan akhirussanah.
  5. Mengevaluasi diri kita, apa yang belum kita capai selama satu tahun.
    Evaluasi menjadi suatu hal yang penting karena mengetahui sejauh mana kemampuan kita selama satu tahun pembelajaran di kelas. Mengevaluasi diri bisa menjadi patokan, mana yang belum mencapai target satu tahun dan mana yang sudah terlampaui, dari evaluasi tersebut kita akan tau apa yang akan kita lakukan untuk memenuhi semua target kita di satu tahun ini, dan memiliki bayangan di satu tahun ke depan.

Sebagai penutup, ingat baik baik tips and trik diatas dan segera lakukan tindakan sebelum akhirussanah menjadi sebuah momen kesedihan yang berlarut-larut.

Artikulli paraprakKerinduan Yang Tak Berujung
Artikulli tjetërAsa yang Kembali Menyapa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini