Beranda Berita Festival Al-Banjari: Meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Religius, serta Potensi Kesenian

Festival Al-Banjari: Meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Religius, serta Potensi Kesenian

26
0

PPTI ALFALAH Salatiga  menggelar Festival Al-Banjari pada tanggal 9 Juni 2024 untuk memeriahkan Serangkaian Haul KH M. Zoemri RWS ke-9. Acara ini bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan religius serta meningkatkan potensi kesenian. Dalam festival ini, 37 grup hadrah tampil di PPTI ALFALAH Salatiga.

Festival Al-Banjari sendiri adalah warisan budaya Islam yang memiliki keterkaitan sejarah pada masa penyebaran agama Islam oleh Walisongo. Seni ini kemudian berkembang luas dan mengalami penyesuaian dengan musik-musik tradisional, membuatnya dapat diterima oleh masyarakat luas, termasuk para remaja.

Penyelenggaraan festival ini dihadiri langsung oleh kapolres Salatiga yang di wakilkan oleh kasat intel bapak Eko budi santoso, yang mengajak generasi penerus bangsa untuk menjaga dan melestarikan kesenian yang ada. Dan berpesan tetap semangat belajar dan jangan sampai ada hal- hal di pesantren yang kurang pas. Dirinya juga berharap agar festival ini dapat menjadi sarana hiburan yang edukatif dan meningkatkan potensi bagi yang mengikuti festival al- banjari tersebut.

Kriteria penilaian lomba festival ini terdiri dari tiga bagian: vokal, musik, dan adab dan syair. Juara festival diambil menjadi 6 grup terbaik, dengan hadiah yang berbeda-beda untuk masing-masing juara.

Festival Al-Banjari yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dari peserta yang mengikuti festival tersebut agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, dan menjadi warga yang demokratif serta bertangung jawab.

Dengan demikian, Festival Al-Banjari menjadi wadah potensi kesenian yang meningkatkan rasa nasionalisme dan religius, serta meningkatkan potensi remaja dan generasi penerus bangsa.

Kesan dan pesan dari panitia buat para peserta ” Kesannya sangat luar biasa sudah berkontribusi dalam kesuksesan acara fesban pada tahun ini dalam rangka haul KH. M Zoemri RWS ke-9 dan kami sangat senang karena antusiasme peserta yang sangat luar biasa sehingga banyak peserta yang mendaftar dan tahun ini adalah rekor peserta terbanyak festival al banjari” Pesannya ” Selalu jadikan sholawat sebagai pedoman kehidupan kita karena dengan bersholawat insyaallah kita akan mendapatkan shafaat nabi muhammad SAW.

Artikulli paraprakHukum Kurban Online? Sah atau Tidak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini