Beranda Artikel Jangan Lewatkan Satu Malam Ini Di Bulan Ramadan

Jangan Lewatkan Satu Malam Ini Di Bulan Ramadan

78
0

Ramadhan merupakan Bulan dimana semua amal perbuatan dilipat gandakan, bulan penuh berkah, penuh ampunan, dan bulannya umat Islam. Tak bisa diungkiri keistimewaan bulan Ramadan ketimbang 12 bulan lainya. Hingga turunnya kitab suci Al Quran pada bulan Ramadan menjadi warna tersendiri yang menghiasi bulan mulia ini. Akan tetapi satu malam yang tidak boleh terlewatkan dalam rangkaian kebaikan di bulan Ramadan adalah menghiasi satu malam dengan penuh ibadah di malam Lailatul Qadar.

Dimana ribuan malaikat memenuhi langit bumi untuk memintakan ampun kepada hamba- hamba Allah yang mau bertaurat. Hingga hadirnya ribuan malaikat mengubah suasana alam, akan tidak seperti biasanya, suasana tenang, suasana sejuk, dan hangat menyelimuti malam-malam ini.

Lailatul Qadar #1 edisi keistimewaan malam Lailatul Qadar

 Pada edisi kali ini kami ajak kalian mengerti beberapa keistimewaan malam Lailatul Qadar, Simak baik-baik.

  1. Lebih baik dari seribu bulan.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3).

Begitu gamblang dijelaskan dalam surat Al Qadar, malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Satu sholat malam di malam Lailatul Qadar lebih baik dari sholat di seribu bulan. Satu tadarus Al Quran di malam Lailatul Qadar lebih baik dari tadarus di seribu bulan dan amal ibadah lainya.  Apabila dikalkulasikan 1000 bulan seperti halnya ibadah kurang lebih 80 tahun yang dipenuhi degan ibadah, belum tentu juga kita semua dapat hidup hingga 80 tahun. Wallahualam.

2. Malam penuh keberkahan

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3).

 Di malam ini keberkahan akan senantiasa hadir menyelimuti orang-orang yang menghidupkan malam ini dalam suasana ibadah. Mereka akan merasakan nikmatnya ibadah, sejuknya alam, rasa tenang dan penuh kekhusyukan dalam ibadah.

3. Turunnya malaikat

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril” (QS. Al Qadar: 4)

Malaikat akan hadir dan menemani orang yang beribadah pada malam Lailatul Qadar, turunnya malaikat ini menandakan penuh berkah dan rahmat yang mulia di malam Lailatul Qadar

4. Malam penuh keselamatan

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al Qadr: 5)

As-salam yang dijelaskan dalam QS Al Qadr menerangkan tentang keselamatan, kesejahteraan dan kebahagiaan malam Lailatul Qadar hingga pada terbit fajar di pagi harinya.

5. Malam penuh ampunan

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa melaksanakan Shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

            Dengan ibadah dan memperbanyak amal Soleh pada malam Lailatul Qadar akan menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan. Rahmat Allah SWT yang Allah khususkan di malam ini mengiringi orang-orang yang senantiasa beribadah di malam Lailatul Qadar.

Wallahu A’lam Bishawab

Artikulli paraprakTradisi Pasang Lampu di Bulan Ramadhan: Sinari Malam dengan Keimanan dan Kebahagiaan
Artikulli tjetërLailatul Qadar Nggak Dikejar ? Yang Bener Aja, Rugi Dong

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini