Beranda Artikel Keajaiban Otak: Bagaimana Cara Kerja Otak?

Keajaiban Otak: Bagaimana Cara Kerja Otak?

112
0

Otak manusia, organ yang misterius dan megah. Adalah wadah dari segala aktivitas dan pengalaman yang membentuk kehidupan kita. Otak adalah pusat kendali tubuh untuk menerima informasi, kemudian otak akan menganalisis dengan cepat, lalu mengirim pesan yang akan mengatur fungsi tubuh dan aksinya. Otak juga berbagi informasi dari pengalaman di masa lalu, sehingga mampu untuk mengingat sesuatu yang pernah terjadi. Bahkan, otak juga menjadi pusat pemikiran, mood, dan emosi. Meskipun dapat di akui bahwa otak itu kompleks, tetapi disini akan memperkenalkan beberapa aturan sederhana cara kerja otak.

  1. Bergerak dapat melejitkan kemampuan otak

Setiap gerakan juga memiliki fungsi meningkatkan kemampuan otak, contohnya berlari, jalan-jalan kecil, berjoget, dan gerakan lainnya. Didalam setiap gearakan tersebut terdapat rangsangan-rangsangan untuk menstimulasi otak agar berkembang dan tumbuh menjadi cerdas.

2. Otak juga berevolusi

Meski otak manusia  juga mengalami evolusi, bukan berarti mengurangi kecerdasan manusia. Otak manusia akan mengalami perkembangan kecerdasan justru ketika di hadapkan dengan permasalahan dilingkungannya, memahami persoalan dan membangun relasi dengan orang lain. Dengan demikian cara kerja otak manusia dapat menyesuaikan tingkat pemahaman terhadap persoalan yang dihadapi. Belajar untuk menyimak motivasi orang lain dan membangun relasi agar otak dapat bekerja efektif.

3. Jangan memperhatikan hal-hal yang membosankan

 Mata memiliki hubungan positif dengan otak. Biasanya kalau mata sedang memperhatikan sesuatu yang menarik dan menggugah rasa penasaran, maka otak juga menjadi tertarik untuk memikirkannya. Sebaliknya jika sedang memperhatikan sesuatu yang menbosankan, maka otak akan menilai dengan tidak mau mengolah atau menganalisis. Sehingga tidak heran apabila orang tidak bisa menangkap pembicaraan yang membosankan dan menjenuhkan. Bahkan tidak sedikkt yang memiliki reaksi untuk pergi, tidur, atau mengobrol jika ada ceramah yang cenderung membosankan.

4. Ulangi untuk mengingat

Otak cenderung bisa menjalankan cara kerjanya dalam mengingat apabila terdapat sesuatu yang di ulang ulang. Semakin sering dan intens sesuatu itu di ulang, maka semakin kuat ingatan otak kita kepada hal tersebut. Semakin kuat sebuah memori tertanam didalam otak, maka ketika ingin mengingatnya kembali pada waktu lain, otak bisa dengan cepat memanggil kembali memori tersebut.

5. Merangsang lebih banyak indra

Otak manusia tidak bekerja sendirian. Otak memiliki hubungan yang kuat dengan indra di seluruh tubuh, yakni indra pendengaran, penglihatan, penciuman, rasa, dan lainnya. Semakin banyak indra yang terlibat dalam sebuah kejadian, semakin kuat otak kan menyimpan kejadian tersebut didalam memori.

6. Otak laki-laki dan perempuan berbeda

Laki-laki dan perempuan merespon stres dengan cara berbeda. Laki-laki mengaktifkan disebelah kanan otak mereka, sedangkan perempuan mengaktifkan sebelah kiri. Begitu juga dengan bentuk fisik otak. Otak laki-laki dan perempuan sangat berbeda, baik secara anatomi, kimiawi, hormonal, dan psikologis. Perbedaan-perbedaan itu menyebabkan adanya perbedaan cara berpikir, merasa, dan cara berperilaku.

7. Otak selalu ingin tahu

Hasrat otak yang selalu ingin tahu tentu mengandung muatan positif. Otak yang ingin tahu akan menuntut seseorang untuk selalu mengajukan pertanyaan, sekaligus secara aktif mencari jawaban. Akibatnya, pikiran mereka selalu aktif dengan terus melatih otak secara terus menerus. Sehingga mampu melahirkan ide-ide kreatif.

Artikulli paraprakGus Kecil Hadiri Acara Wasana Warsa Gantikan Ayahnya
Artikulli tjetërUlah-mu Melewati Batas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini