Beranda Artikel Lailatul Qadar Nggak Dikejar ? Yang Bener Aja, Rugi Dong

Lailatul Qadar Nggak Dikejar ? Yang Bener Aja, Rugi Dong

99
0

pptialfalahsalatiga.com – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat penting yang ada di bulan Ramadhan. Bahkan Allah SWT mengabadikannya dalam Al Qur’an surah Al Qadr dan menyebutkan bahwa malam ini lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan akan tetapi tanggal pastinya tidak ada yang tau. Hikmahnya, agar umat islam senantiasa menanti – nanti malam Lailatul Qadar tersebut dengan melakukan amal ibadah sebanyak banyaknya. Dengan ini akan terlihat perbedaan antara orang yang sungguh – sungguh mengharapkan Lailatul Qadar dan yang pemalas.

Dalam rangka mempersiapkan diri ketika malam Lailatul Qadar itu datang maka berikut ada beberapa amal ibadah yang bisa kita lakukan.

1. Qiyamullail. Umat muslim tentu sudah tidak asing lagi dengan pahala shalat malam ini. Allah akan menghapuskan dosa dosa orang yang bangun pada sepertiga malam terakhir untuk qiyamullail. Selain itu waktu setelah melaksanakan sholat juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdo’a.

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ، إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Siapa yang mengerjakan salat pada malam lailatul qodar dengan penuh keimanan dan mengharapkan ridha Allah, maka dosa-dosanya yang terdahulu diampuni” (HR Bukhari, Muslim, Nasa’i, Tirmidzi dan Ahmad, dari Abu Hurairah RA).

2. Memperbanyak berdo’a. Sepanjang malam lailatul Qadar merupakan waktu yang mustajab untuk berdo’a. Oleh karena itu perbanyaklah berdo’a pada malam – malam sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

3. Iktikaf. Rasulullah mencontohkan langsung iktikaf ini bersama para sahabat. Oleh karena iktikaf ini juga dapat menjadi salah satu cara mengejar malam Lailatul Qadar pada sepuluh malam hari terakhir Bulan Ramadhan. Dalam hadits nabi disebutkan

كَانَ رَسُولُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجَاوِرُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ ، وَيَقُولُ : تَحَرَّوا (وَفِي رِوَايَةٍ : الْتَمِسُوا) لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya: “Rasulullah saw. beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, dan beliau mengatakan, ‘Carilah lailatul qodar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan” (HR Bukhari, dari Aisyah RA).

4. Membaca Al Qur’an. Al Qur’an adalah kitab Allah yang membacanya saja bernilai pahala. Oleh karena itu raihlah pahala sebanyak banyaknya dengan membaca Al Qur’an.

5. Menyempurnakan ibadah wajib. Sebagai umat muslim kita memang dianjurkan untuk melakukan ibadah ibadah sunnah. Akan tetapi kita tidak boleh lupa akan kesempurnaan ibadah wajib kita yaitu sholat lima waktu dan juga puasa kita.

Lalu bagaimana dengan perempuan yang sedang berhalangan, apakah mereka tidak beruntung untuk meraih kemuliaan malam Lailatul Qadar. Tentu tidak seperti itu, ada beberapa tips amalan yang bisa menjadi ladang amal bagi perempuan yang sedang berhalangan. Antara lain dengan memperbanyak dzikir, memperbanyak berdo’a dan juga sholawat kepada nabi Muhammad SAW.

Artikulli paraprakJangan Lewatkan Satu Malam Ini Di Bulan Ramadan
Artikulli tjetërPasan, Tradisi Pesantren sebagai Penguat Pendidikan Karakter

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini