Beranda Artikel Shalat Tarawih: Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT di Bulan Ramadhan

Shalat Tarawih: Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT di Bulan Ramadhan

81
0

pptialfalahsalatiga.com – Ibadah yang hanya ada di bulan ramadhan dan salah satu penyempurna ibadah puasa umat muslim di bulan Ramadhan adalah tarawih. Shalat tarawih dilakukan sesudah shalat isya secara berjamaah dan sudah menjadi tradisi sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Ada yang melaksanakannya sebanyak 8 rakaat, namun ada juga yang melaksanakan salat tarawih sebanyak 20 rakaat.

Hal itu adalah perbedaan yang wajar dan tidak perlu menjadi masalah. Yang terpenting adalah kita mampu menghidupkan malam Bulan Ramadhan dengan shalat tarawih. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa orang yang melaksanakan tarawih dengan mengharap ridho Allah, maka Allah akan mengampuni dan menghapus dosa-dosanya yang telah lalu. Selain itu shalat tarawih juga memiliki banyak keutamaan, antara lain:

1. Allah akan mengampuni dosa hambanya yang terdahulu

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa melakukan ibadah Puasa Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim).

2. Memperkuat Silaturahmi

Keutamaan ini didapatkan jika shalat tarawih dilaksanakan di masjid secara berjamaah. Selain menjalankan ibadah shalat tarawih, kamu juga bisa bertemu dengan sanak saudara dan tetangga sehingga bisa memperkuat tali silaturahmi Ukhuwah Islamiyah.

3.Memeriahkan Ramadan

Keutamaan shalat tarawih selanjutnya adalah sebagai kegiatan ibadah untuk memeriahkan Bulan Ramadhan. Salat tarawih berjamaah akan menambah suasana bahagia di bulan Ramadan. Hal inilah yang membuat Bulan Ramadhan berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

4.Menyehatkan Jasmani dan Rohani

Shalat tarawih bisa membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina di Bulan Ramadan. Sebab, pada saat melaksanakan shalat tarawih, tubuh melakukan gerakan-gerakan salat yang bermanfaat untuk olahraga dan efeknya pun sama seperti melakukan olahraga.

 Adapun di setiap malam, shalat tarawih juga memiliki keutamaan-keutamaan yang mulia. Semoga di Bulan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya kita dapat menjadikan ibadah shalat tarawih sebagai sarana untuk memuliakan Bulan Romadon dan penyempurna ibadah puasa kita, Aamiin.

Artikulli paraprakPasan, Tradisi Pesantren sebagai Penguat Pendidikan Karakter
Artikulli tjetërZakat, Infak, dan Sedekah. Apa Bedanya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini