Beranda Artikel Zakat, Infak, dan Sedekah. Apa Bedanya?

Zakat, Infak, dan Sedekah. Apa Bedanya?

43
0
A close up of a bottle, coin, natural background

pptialfalahsalatiga.com – Kata zakat, infak, dan sedekah tentu tidak asing lagi di telinga kita. Dalam Al-Qur’an juga sering kita temukan kata-kata tersebut sebagai bentuk ibadah yang dicintai oleh Allah. Namun seringkali zakat, infak dan sedekah diartikan sama oleh sebagian orang. Untuk itu, simak artikel berikut agar kita tahu perbedaanya!

Zakat

Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, Zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf). Zakat berasal dari kata zaka yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan.

Secara umum zakat terbagi menjadi dua jenis, yakni zakat fitrah dan zakat mal. Zakat Fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim pada bulan Ramadhan. Sedangkan Zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupun substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama. Sebagai contoh, zakat mal terdiri atas uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, dan lain-lain. Zakat mal dikeluarkan ketika harta tersebut sudah mencapai nishabnya.

Infak

Infak adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Infak merupakan amalan yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari seorang Muslim. Infak berasal dari kata anfaqa dalam Bahasa Arab yang berarti membelanjakan harta atau memberikan harta. Sedangkan infak berarti keluarkanlah harta. Waktu dan jumlah infak tidak ditentukan, bisa kapan saja dan berapa saja.

Infak ternyata memiliki perbedaan dengan sedekah, infak sebenarnya dilakukan dengan harta atau material, sedangkan sedekah bisa dilakukan dengan non-harta atau non-material.

Sedekah

Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab shadaqah yang berasal dari kata sidiq yang berarti kebenaran.

sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Sama Seperti infak, sedekah juga tidak ditentukan waktu dan jumlahnya. Misalnya saja sedekah bisa dilakukan dengan senyuman, “Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi). Tanpa kita sadari, setiap hari kita sudah bersedekah loh.

Setelah membaca artikel di atas, semoga kita tidak lagi keliru dalam membedakan zakat, infak, dan sedekah dan Semoga kita semua juga bisa mengamalkannya.

Artikulli paraprakShalat Tarawih: Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT di Bulan Ramadhan
Artikulli tjetërPesantren Kilat, Kolaborasi MI PERWANIDA dan PPTI AL FALAH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini