Beranda Karya Mengenal Langkah Menulis Cerpen

Mengenal Langkah Menulis Cerpen

805
0
menulis cerpen

Menurut KBBI, cerpen adalah cerita pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika). Lalu, bagaimana cara menulis cerpen? Kenalilah dahulu unsur-unsur cerpen.

  1. Tema adalah gagasan inti, ide pokok, pikiran utama sebuah cerpen; pesan atau amanat. Semisal kalian ingin membuat tema tentang lupa ingatan. Tulis saja seperti itu. Tema: Amnesia.
  2. Ide adalah ancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita.
    Setelah menentukan tema, tentukan ide cerita kalian. Kalian ingin membuat tulisan yang berhubungan dengan lupa ingatan atau amnesia. Carilah informasi, apa saja yang berhubungan dengan amnesia.

Lakukan riset. Amnesia itu apa? Bagaimana terjadinya? Bagaimana penyembuhannya? Semakin banyak pertanyaan dan riset, kalian akan menemukan ide. Gabungkan ide itu dengan imaginasi supaya tercipta cerita yang menarik.

  1. Penokohan adalah proses, cara, perbuatan menokohkan. Penokohan ini bisa kalian jabarkan secara rinci karakternya. Mulai dari segi fisik, psikis, sifat, hubungan dengan orang lain. Buatlah sedetail mungkin. Jika kalian mudah lupa, kalian bisa merujuk pada tokoh atau selebgram, untuk membantumu menggambarkan karakter tokohmu.
  1. Tentukan setting tempat dan waktu.
    Sesederhana apa pun cerpen kalian, tetaplah riset setting tempat dan waktu. Buat cerita kalian selogis dan serasional mungkin, dengan demikian pembaca bisa menerimanya.

Seperti halnya jika kalian suka Korea. Risetlah dulu ibu kota Korea itu. Cari tahu Seoul itu terbagi berapa distrik? Waktu di Korea seperti apa? Musim seperti apa? Dengan demikian, pembaca bisa merasakan suasana Korea di cerita kalian. Jika kalian ingin membuat tempat dan waktu fiktif, yang kalian ciptakan sendiri, tetaplah harus logis.

  1. Sudut pandang (point of view), adalah cara kalian menempatkan diri dalam cerita. Sebagai siapa yang menceritakan?

Setelah menentukan unsur-unsur cerpen, kita bisa memulai menggabungkan semuanya menjadi satu keutuhan cerita. Tulis cerpen sampai selesai, lalu baca ulang. Perbaikilah kata-kata yang kurang pas dan kurang logis. Menulis cerpen pun selesai.


Sumber: Sharing Section bersama Penerbit Esamedia (online).

Artikulli paraprakWaspada! Modus Penipuan Menggunakan Nota Palsu & Kelebihan Nominal Transfer
Artikulli tjetërTips Mudah Menulis Cerita Fiksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini