Beranda Berita Posengetren: Di sini IMT Bisa Diketahui!

Posengetren: Di sini IMT Bisa Diketahui!

1719
0

pptialfalahsalatiga.com – Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) PPTI Al Falah adakan kembali kegiatan POSENGETREN (Posyandu Remaja Pondok Pesantren). Kegiatan ini sebenarnya merupakan program kerja bulanan Poskestren yang sempat tertunda semenjak wabah covid melanda.
Kegiatan ini dilaksanakan di aula PPTI Al Falah Salatiga. Seluruh santri, ahlul bait, dan pengurus yang berjumlah lebih dari 350 orang tampak mengikuti acara ini. 
POSENGETREN  kali ini dimulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 15.30 WIB. Acara diawali dengan pengecekan kepada Nyai Hj. Latifah Zoemri (pengasuh PPTI Al Falah) dan dilanjutkan oleh para santri,  yang didalamnya terdapat pengecekan tinggi badan, berat badan, lingkar lengan, dan lain-lain. Tujuannya tentu untuk mengetahui indeks masa tubuh (IMT), rentang berat badan ideal, dan memprediksi seberapa besar risiko gangguan kesehatan. Metode ini digunakan untuk menentukan berat badan yang sehat berdasarkan berat dan tinggi badan.
Angka indeks massa tubuh atau dalam bahasa Inggris Body Mass Index (BMI) digunakan untuk menunjukkan kategori berat badan seseorang apakah sudah proporsional atau belum. Melalui IMT, seseorang akan tahu apakah berat badannya termasuk kategori normal atau ideal, kelebihan, atau justru kekurangan. Nantinya data tersebut akan disimpan oleh pihak Poskestren dan akan menjadi rujukan pada pengecekan bulan selanjutnya.

“Posengetren ini sebenarnya merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para santri. Justru dari dorongan dan masukan mereka, akhirnya kami mengadakan pengecekan kembali setelah beberapa bulan terakhir sempat tertunda,” tutur Tyas Meilani, salah satu pengurus Poskestren.

Kegiatan ini juga dilakukan tanpa melalaikan penerapan protokol kesehatan. Sebelum datang ke aula para santri diwajibkan memakai masker, sesampainya di aula para petugas Poskestren sudah siap mengecek menggunakan alat pengukur suhu tubuh dan menuangkan handsanitizer kepada seluruh santri yang datang.

Artikulli paraprakAntara Mimpi dan Tanggung Jawab (Cerpen)
Artikulli tjetërCara Tepat Menghafal Dengan Cepat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini