Beranda Berita Sosialisasi IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah)

Sosialisasi IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah)

385
0
Kalam Pesantren

Kamis, 23/01/2020. PPTI Al-Falah Salatiga mengadakan sosialisasi IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah) terkait pengembangan pengolahan limbah yang ada di PPTI Al-Falah. Acara kali ini dilaksakan setelah sholat isya dan mujahadah rutin malam jum’at, bertempat di aula utama PPTI Al-Falah.

Acara ini diikuti oleh seluruh santri baik putra maupun putri, dan narasumber didatangkan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah. Bapak Setiawan, selaku pembicara pada sosialisasi ini mengarahkan kepada seluruh santri bagaimana caranya menjaga dan merawat kebersihan lingkungan kamar mandi terutama WC, yang menghasilkan limbah rumah tangga berupa (limbah WC) dan limbah kamar mandi (kotoran manusia), agar tidak mempengaruhi kualitas air sumur serta menjaga kelestarian biota air.  “Hal ini juga akan meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih bagi para santri, serta menghindari pencemaran air dan lingkungan sekitar serta dalam proses ini juga membutuhkan peran makhluk hidup (bakteri) di dalamnya untuk menghasilkan gas metan yang biasa digunakan di kompor” ujar Bapak Setiawan.Beliau juga menekankan terhadap beberapa perilaku yang harus dihindari dalam proses pengolahan limbah (IPAL) antara lain :

  1. Tidak membersihkan WC menggunakan zat kimia, karena zat kimia dapat membunuh bakteri-bakteri yang berperan dalam IPAL.
  2. Dianjurkan untuk membersihkan WC dengan menyiramnya menggunakan air panas lalu menyikatnya
  3. Menghindari masuknya zat-zat kimia beracun seperti detergen, shampo, sabun, dan sebagainya ke dalam WC.
  4. Tidak membersihkan WC menggunakan zat kimia, karena zat kimia dapat membunuh bakteri-bakteri yang berperan dalam IPAL.
  5. Dianjurkan untuk membersihkan WC dengan menyiramnya menggunakan air panas lalu menyikatnya.

-Febyarina Alifah-

Artikulli paraprakPeringati Isra Mikraj, Santri
Artikulli tjetërPulang : Kami Pasti Kembali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini