Beranda Tips & Trik Tetap Produktif Meski Berpuasa

Tetap Produktif Meski Berpuasa

633
2

Puasa bukan menjadi alasan untuk meninggalkan tanggung jawab pada pekerjaan karena badan lemas dan lapar. Di saat puasa seperti ini perlu menjaga stamina tubuh supaya tetap terjaga dan fit walaupun kurangnya asupan makanan dan minuman sepanjang hari. Dengan energi yang didapat saat sahur, kita tetap dapat produktif bekerja ketika puasa. Kuncinya adalah harus lebih cermat dalam memanfaatkan energi yang ada, dan mengatur ritme pekerjaan disesuaikan dengan kebiasaaan baru saat tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman sepanjang hari.

Berikut beberapa tips agar tetap produktif meski sedang berpuasa:

Menyusun to do list

Untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja selama puasa, baiknya kamu menyusun to do list. Dengan merencanakan berbagai kegiatan selama jam kerja, hal-hal yang dilakukan akan lebih terstruktur sehingga kamu dapat lebih fokus dan termotivasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Sahur dan Buka Puasa Teratur

Hal ini penting mengingat sumber tenaga saat seharian berpuasa tentu saja saat sahur dan berbuka puasa. Pastikan untuk berbuka puasa maupun sahur tepat waktu. Jangan sampai kita melewatkan makan sahur. Dalam sebuah hadis di sebutkan sahur lebih dianjurkan untuk dilakukan di penghujung malam menjelang imsak. Kemudian saat waktu berbuka puasa, segeraka untuk berbuka. menyegerakan buka puasa di awal waktu atau begitu masuk waktu Maghrib adalah baik karena hukumnya sunnah. Sebaliknya menunda-menunda berbuka tidak baik.

Istirahat yang Cukup

Pola tidur yang berantakan, apalagi durasi tidur yang kurang bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah mengantuk dan merasa lemas. Alhasil, kondisi ini bisa menurunkan produktivitas dan fokus dalam menjalani hari.

Olahraga ringan

Olahraga nyatanya bisa membantu kamu untuk menjaga stamina sehingga tubuh tetap fit. Jenis olahraga yang dilakukan baiknya olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda. Selain itu, waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadan adalah pada saat setelah berbuka. Pilihan waktu lainnya dapat kamu lakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan, sehingga tubuh dapat segera mendapat asupan energi kembali.

Artikulli paraprakSaat Es Buah Jadi Primadona Sebulan
Artikulli tjetërTingkatkan Produktivitas, Perbanyak Amal

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini