Beranda Artikel Tidak Percaya Diri? Kok Bisa?

Tidak Percaya Diri? Kok Bisa?

730
0
Tidak Percaya Diri

Berbicara tentang percaya diri, sudahkah kamu percaya terhadap dirimu sendiri? Percaya diri merupakan aset penting bagi kehidupan pribadi seorang manusia. Rasa percaya diri bukanlah sesuatu yang sulit dan bukan pula anugerah yang hanya milik orang-orang terpilih. Kita bisa membangun dan mempelajari rasa percaya diri. Semua orang bisa hidup dengan kepercayaan diri penuh, asalkan terus melatih dan mengembangkannya.

Beberapa orang beranggapan bahwa percaya diri itu sesuatu yang ia bawa dari lahir, padahal banyak hal yang bisa melatih rasa kepercayaan diri untuk berkembang. Ketika kita mampu mengembangkan hal itu maka rasa kepercayaan diri akan muncul, nampak sedikit demi sedikit dan lama-kelamaan akan lahir menjadi rasa percaya diri yang penuh. Sebenarnya, rasa percaya diri itu muncul dari kombinasi sebuah pola asuh dan peristiwa yang terjadi di masa perkembangan.

Mengembangkan dan membangun rasa percaya diri memang butuh waktu lama. Namun, dengan terus berusaha mengembangkan rasa percaya diri, secara otomatis kita juga turut berkembang menjadi manusia yang lebih baik. Chris Manak, seorang pakar hubungan dari Australia berpendapat bahwa, menumbuhkan rasa percaya diri adalah hal yang penting.

Penting membangun percaya diri yang tinggi karena hal tersebut dapat memberikan berbagai manfaat nyata bagi kita dalam menjalani hidup. Kepercayaan diri dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada seseorang. Ia lebih mudah mengambil keputusan penting dalam hidup, karena dia yakin dan percaya  akan dirinya sendiri. Ia juga cenderung jauh dari rasa bimbang karena ia akan yakin dengan apa yang ia lakukan. Maka penting untuk membangun dan melatih rasa percaya diri sejak dini.

Lalu, bagaimana cara membangun percaya diri itu?

Banyak cara untuk membangun rasa percaya diri, antara lain yaitu berhenti membandingkan diri dengan orang lain, fokus pada kelebihan dan kemampuan yang ada yang ada pada diri. Tanamkan keyakinan bahwa kita kita bisa, lakukan hal itu setiap kali merasa minder.

Terbuka pada kritik yang membangun. Jadikan kritik sebagai sarana introspeksi diri, jadikan kritik tersebut sesuatu hal yang dapat membangun dan dapat dijadikan sebagai bahan motivasi diri.

Memberanikan diri berbicara dengan orang juga dapat menjadi sarana untuk membangun percaya diri. Mulai dari hal sederhana dan jangan pernah takut salah. Dengan kita tidak takut salah maka hal itu akan membuat rasa daripada percaya diri itu muncul secara perlahan dan akan berkembang.

Oleh: Lia Muarofah
Artikulli paraprakCerpen: Doa-doa yang Dilupa
Artikulli tjetërMahasantri Al Falah Sabet Juara 2 Musabaqoh Kreasi Nadhom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini