Beranda Karya Puasa Sehat untuk Penderita Maag

Puasa Sehat untuk Penderita Maag

684
2
Puasa Sehat untuk Penderita Maag

pptialfalahsalatiga.com – Bagi Anda yang menderita maag, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

1. Jangan Makan Terlalu Banyak saat Sahur.
Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dan tinggi lemak justru akan membuat perut kembung dan begah bahkan diare pada sebagian orang.

2. Hindari Makanan Porsi Besar Ketika Berbuka Puasa.
Ketika berbuka puasa hal yang paling baik dikonsumsi adalah air hangat atau teh manis hangat terlebih dahulu. Cara ini dapat membantu kadar gula dalam tubuh kembali normal. Setelah itu, Anda dapat mulai mengonsumsi makanan pembuka seperti buah kurma atau kolak pisang secukupnya. Pastikan untuk selesai makan makanan apapun sekitar 3-4 jam sebelum tidur untuk menghindari lambung yang tidak nyaman.

3. Menghindari Beberapa Jenis Makanan.
Makanan yang asam seperti tomat dapat memperparah lambung. Sedangkan makanan bergas seperti kol, sawi, dan brokoli juga memperparah gejala sakit maag. Makanan yang pedas, dan berlemak juga dapat menambah keluhan nyeri asam lambung.

4. Mengonsumsi Makanan dengan Jenis Karbohidrat Kompleks.
Karbohidrat kompleks adalah jenis makanan yang membuat Anda kenyang lebih lama. Sebab, gula darah akan naik perlahan dan bertahan lebih lama. Anda pun tidak mudah merasa lapar ketika berpuasa.

5. Tidak Langsung Tidur Setelah Makan
Penderita maag dapat mengalami kenaikan asam lambung jika setelah makan langsung tidur. Ada baiknya jika Anda tetap berada dalam posisi tegak setelah makan.
Anda juga dapat memberi jeda waktu sekitar satu jam setelah makan untuk tidur pada malam hari. Hal ini juga termasuk mengonsumsi kudapan atau makanan camilan.

6. Menghindari Beberapa Jenis Minuman
Bukan hanya makanan, minuman juga dapat menyebabkan gejala maag. Minuman yang asam, seperti jeruk dan lemon, minuman yang mengandung gas seperti soda juga sebaiknya dihindari agar mencegah kambuhnya gastritis saat puasa. Minum kopi dan teh dalam jumlah berlebih sebaiknya juga dihindari karena kandungan kafein.

7. Tidak Merokok
Tips berpuasa aman bagi penderita maag lainnya adalah dengan menghindari rokok. Ya, menghisap tembakau berhubungan dengan kekambuhan maag dan masalah tukak lambung.

Artikulli paraprakTips Mengurangi Bau Mulut Saat Berpuasa
Artikulli tjetërRamadan: Tips Cegah Gagal di Bulan Suci

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini