Beranda Berita Hari Santri Nasional 2023 Diharapkan Jadi Momentum untuk Pahami Isu Saat ini

Hari Santri Nasional 2023 Diharapkan Jadi Momentum untuk Pahami Isu Saat ini

126
0

pptialfalahsalatiga.com – Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah gelar acara malam puncak peringatan Hari Santri Nasional 2023, Sabtu (21/10). Acara puncak berlangsung sangat meriah. Pembacaan Sholawat kebangsaan secara serentak di halaman SMK Al Falah menjadi pembuka acara.

Pengasuh PPTI Al Falah Salatiga, Ning Siti Rofi’ah menyebut peringatan hari santri sebagai momentum penting untuk menghadapi isu globalisasi, nasional, maupun politisasi. Isu globalisasi seperti krisis global perekonomian, isu internasional berupa konflik Israel-Palestina, dan pemilu yang sedang menjadi isu politisasi saat ini.

Beliau juga menuturkan bahwa santri harus berpikir kritis untuk menghadapi situasi-situasi tersebut. Terkhusus mengenai situasi politik kedepan. Santri harus memiliki sikap kedewasaan saat berdemokrasi.

Dengan bersikap kritis menunjukkan bahwa santri juga ikut berjihad untuk negeri. Berjihad bukan hanya dengan mengangkat senjata dan menggelorakan gema untuk berperang, berpikir kritis dengan tidak mudah untuk mempercayai isu-isu yang mudah tersebar juga termasuk jihad.

“Negeri bisa menjadi jaya karena jihad santri,” ungkap Ning Siti Rofi’ah selaku pengasuh pondok pesantren.

Selain berpikir kritis, santri juga dituntun untuk mengikuti dan melakukan nilai-nilai baik yang demikian seharusnya dimiliki oleh santri.

“Jangan mudah percaya mengenai informasi yang belum jelas kebenarannya,” pesan Ning Siti Rofi’ah.

Artikulli paraprakRanking Satu, Asah Pengetahuan Santri dalam Peringatan HSN 2023
Artikulli tjetërKontingen PPTI Al Falah Salatiga Borong Juara pada Lomba Musabaqoh Qiro’atul Kutub

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini