Beranda Berita PPTI Al Falah Gelar Seminar Cegah Stunting Bersama Ning Nawal Arafah Yasin...

PPTI Al Falah Gelar Seminar Cegah Stunting Bersama Ning Nawal Arafah Yasin dan Dr. Andri Purtanto

16150
0

pptialfalahsalatiga.com – Dua pemateri hebat hadir di PPTI Al Falah Salatiga dalam acara bertema Cegah Stunting. Kedua pemateri tersebut yakni Ibu Hj. Nawal Arafah Yasin dan Dr. Andri Purtanto, M.Si. Acara berlangsung di Aula Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga pada Selasa (29/8) pukul 08.00. Santri PPTI Al Falah, Ketua BKKBN, Wakil Gubernur Jawa Tengah beserta jajarannya memeriahkan acara hingga akhir.

Acara dibuka dengan sambutan oleh bapak wagub Jawa Tengah, Bapak H. Taj Yasin Maemun dengan Ning Siti Nur Rofiah sebagai moderator dari kedua pemateri tersebut. Ibu Hajah Nawal Arafah Yasin menjadi pemateri pertama kali ini yang berjudul “Jo Kawin Bocah, Ben Ora Stunting”. Beliau merupakan pengasuh pondok pesantren Al-Anwar, Dosen di salah satu perguruan tinggi di Rembang. Selain itu, beliau juga merupakan mahasiswi di UIN Walisongo Semarang sekaligus istri dari bapak wagub Jawa Tengah, Bapak H. Taj Yasin Maemun serta masih banyak lagi pencapaian beliau. Beliau menyampaikan tentang akibat stunting, ciri stunting, serta pencegahan stunting dalam perspektif agama. Beliau menyampaikan dengan jelas dan tidak lupa dengan dalil-dalil penguat.

“Katakan tidak pada nikah muda karena itu menjadi salah satu faktor penyebab stunting,” tutur Ning Nawal.

Materi berikutnya oleh Dr. Andri Purtanto, M.Si dengan judul “Jangan Nikah Muda Agar Keturunan Sehat dan Pintar Seperti Umi dan Abinya”. Dr. Andri memiliki banyak rekam pendidikan dan pengalaman, salah satunya beliau merupakan seorang dokter sekaligus penari dan juga seorang motivator. Kali ini beliau menyampaikan tentang stunting dalam prespektif medis. Beliau menjelaskan tentang reproduksi yang sehat, kondisi mental yang sehat agar anak tidak stunting, dan masih banyak lagi yang beliau sampaikan.

“Seseorang yang tidak menerima dirinya apa adanya, menyebabkan dirinya stres. Stres yang lebih dari 3 bulan menyebabkan depresi,” terang Dr. Andri.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab. Para penanya berasal dari berbagai instansi, ada dari SMAN 2 Semarang, Pondok Pesantren Alfa Queen, tak lupa Ibu Nyai Hj Latifah Zoemri juga turut bertanya dalam diskusi kali ini.

Artikulli paraprakSemarak Kemerdekaan ke-78, PPTI Al Falah Salatiga Gelar Lomba Agustusan
Artikulli tjetërLocal Brand PPTI Al Falah Ramaikan Expo Kemandirian Pesantren

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini